Aditya Kurniawan (22 th), Pengurus aktif Karang Taruna Tunas Harapan Desa Ngadipuro dan juga anggota Karang Taruna Manunggal Karsa Dusun Ngadipuro 1 Desa Ngadipuro yang namanya dikenal dalam dunia seni lukis dengan sebutan Dit’z Art Project.

Sudah setahun ini pasca meninggalkan pekerjaannya sebagai buruh pabrik, ia menggeluti seni lukis. Keterampilan yang ia dapatkan tidak instan dan bukan berasal dari sekolah formal, namun kegemarannya sejak kecil yang senang dengan corat-coret di kertas sehingga potensi tentang seni lukis ia peroleh.

Kini, pemuda dengan postur tubuh kecil dan berparas ganteng ini sehari-hari hanya duduk di rumah bermain pensil di atas kertas putih sesekali sambil menyeduh kopi mencoba menyelesaikan pesanan gambar. Kebanyakan ia mendapat pesanan dari orang-orang untuk melukis wajah untuk souvenir atau kado.

“…… Paling banyak pesanan dari dalam kota, hanya beberapa pesanan yang dari luar kota, biasanya orang yang pesan gambar ke saya tahu dari postingan facebook yang saya unggah. setelah deal harga lalu foto yang mereka kirim langsung saya garap, kalau sudah selesai biasanya kita COD” ungkapnya.

Dalam satu kali pesanan biasanya ia memasang tarif mulai dari 120 ribu rupiah, besaran tarif tergantung tingkat kerumitan gambar yang di pesan, bingkai gambar, dan lain-lain. Kendala yang ia rasakan selama berkarya adalah tidak sedikit orang – orang (customer) yang menawar dengan harga yang sangat murah, tidak sebanding dengan nilai sebuah karya yang ia buat. Kendala lainnya adalah dengan minimnya modal yang ia punya, sehingga ketika mau belajar lebih untuk mengembangkan karyanya menjadi terhambat;

“……pengen punya laptop atau komputer mas, biar bisa latihan pake media corel atau photoshop, kan lumayan nanti hasilnya bisa lebih maksimal dalam berkarya, tapi untuk saat ini belum mampu untuk beli laptop atau komputer, padahal itu modal pokok”. –ungkapnya.

Harapan kedepan ia ingin mengembangkan karya lukisnya dg media lain, misalnya desain grafis digital, dan tentunya masyarakat kedepan lebih melek terhadap karya seni sehingga dalam apresiasi terhadap seni juga semakin besar.

Bagi yang berminat untuk dilukiskan wajahya, bisa menghubungi mas Aditya dg alamat facebook:  https://www.facebook.com/aditz.romeo atau No HP 083840945767

 

Penulis : Anwar