IMG-LOGO

PELAYANAN PUBLIK teori dan kenyataan

Create By 24 October 2018 150 Views

Pelayanan publik  di Desa adalah menjadi sorotan dalam artikel kali ini ,Secara  sederhana  dalam  arti  konsep  pelayanan  berarti  membicarakan tentang cara yang dilakukan untuk memberikan servis atau jasa kepada orang yang membutuhkan. Dalam pengertian secara etimologis, kata publik berasal dari bahasa Inggris, yakni “public” berarti masyarakat, umum, rakyat umum, orang banyak, dan  keperluan  umum.  Dalam  Bahasa  Indonesia,  publik  berarti  orang  banyak (umum).  Dengan  demikian,  pelayanan  publik  merupakan  kegiatan  membantu  masyarakat (stakeholders) dalam rangka memperoleh servis dan advis yang terkait dengan kepentingan umum (orang banyak).

Di desa Ngadipuro saat ini masih mengandalkan system pelayanan public secara manual, dalam hal ini admin memberikan sedikit gambaran ketika seorang warga membutuhkan surat keterangan dia harus datang ke balai desa dengan membawa Ktp dan KK, setelah itu petugas Desa membuatkan surat keterangan itu ada yang di tulis manual dan ada juga yang menggunakan computer masukkan data lalu di print sesuai keterangan yang di minta,  sebenarnya untuk proses seperti contoh diatas seperti telah mahfum di pemerintahan desa yang lain bahkan di tingkat yang lebih tinggi sekalipun di negeri ini, Pelayanan pada hakikatnya adalah serangkaian kegiatan, karena itu proses pelayanan  berlangsung  secara  rutin  dan  berkesinambungan,  meliputi  seluruh  kehidupan  organisasi  dalam  masyarakat.

Beberapa pembenahan untuk kemudahan akses pelayanan kepada masyarakat harus segera di lakukan ,semua pelayan public  dalam hal ini perangkat Desa harus bisa menempatkan dirinya sebagai abdi masyarakat yang bertugas untuk memberikan service terbaik sesuai dengan namanya Pelayan masyarakat, bila saja hal ini bisa tertanam sebagai pondasi dalam bekerja bagi semua abdi Negara atau pelayan masyarakat di desa tentulah pelayanan terbaik akan di dapatkan oleh warga. Bekerja di Desa bukanlah melulu menyelesaikan SPJ ataupun proyek proyek insfrastruktur, masyarakat desa pada umumnya datang keBalai Desa untuk meminta surat keterangan ataupun menyelesaikan masalah kemasyarakatan yang tidak bisa di selesaikan di tingkat dusun, semua perangkat desa harus mau dan mampu memberikan Pelayanan kepada masyarakat, kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang di dapat adalah tolok ukur keberhasilan sebagai Pelayan masyarakat.

Semoga kedepan pelayan di tingkat Desa dan di Negara ini semakin baik,banyak salah kata admin mohon maaf,terima kasih telah membaca dan berkontribusi untuk kemajuan website desa Ngadipuro, Salam tangguh dan semoga bermanfaat .

 

Penulis : G-TR