Desa ngadipuro adalah sebuah desa di Lereng gunung merapi Kecamatan dukun Kab.magelang propinsi jawa tengah. Sejarah Berdirinya Desa Ini Telah Coba Admin cari sejak beberapa tahun ini, berbagai versi di temukan dari kaum sepuh,namun kebanyakan berakhiran kayane..yang berarti tidak ada data valid pendukung yang dapat di pertanggung jawabkan.

mungkin secara singkat untuk sekedar berbagi hasil pencarian dengan data yang admin kira lebih mendekati valid dengan berbagai bukti pendukung yang ada di desa Ngadipuro ini. langsung saja, pertama adalah sejak tahun1920n-1950 desa Ngadipuro dipimpin oleh Mbah Lurah Hormat dari Dusun Ngadipuro I,saat itu wilayah desa Ngadipuro Masih Luas dengan beberapa wilayah yang saat ini berdiri sendiri menjadi Desa tetangga yaitu ketunggeng dan desa wates,

pada tahun 1950-1975 Ngadipuro dipimpin oleh Mbah lurah Djoko,atau nama setelah ber Haji menjadi H.Abdurahman berasal dari Dusun Ngadipuro 1 .beliau adalah putera dari mbah astro diwiryo atau mbah lurah hormat.tokoh islam yang menjadikan Desa Ngadipuro menjadi Desa Bebas PKI. pada tahun 1975-1999 Ngadipuro di pimpin oleh bapak.H Taslim Dimyati. berasal dari dusun Kembang, Beliau adalah Sosok yang luar biasa dalam ilmu agama dan pengabdian terhadap nusa bangsa terutama desa Ngadipuro semoga menjadi amal ibadah yang besar dan di terima di sisiNya. beliau wafat pada saat mengisi pengajian Rutin yang biasa beliau isi.

periode berikutnya adalah Tahun 2002-2012,desa Ngadipuro dipimpin oleh Bapak Sehadi Sulaiman,berasal dari Dusun Ngadipuro 1  beliau adalah bapak pembangunan di Desa ngadipuro, belum ada dana Desa dengan semangat Gotong royong dan Skill sebagai mantan kontraktor ngadipuro menjadi Desa yang pembangunannya banyak dan bisa dikatakan luar biasa. semoga amal ibadah beliau di terima.

pada tahun 2012-2018 ngadipuro dipimpin oleh bapak Prastya Budi wibawa SH.beliau berasal dari dusun Dukuh beliau adalah kades termuda di kabupaten magelang,sosok muda yang dinamis dan inspiratif,didukung dengan dana Desa dan UU Desa Ngadipuro terlihat semakin Dinamis,beberapa prestasi yang diraih di masa kepemimpinanya adalah bukti keberhasilan kepemimpinannya.Ngadipuro menjadi juara 2 lomba arsip tingkat kabupaten salah satu bukti nyata ketertiban administrasi di masa kepemimpinan bapak prastya atau biasa kita panggil pak edi ini. beliau mencalonkan kembali untuk pemilihan kepala desa periode 2018-2024.

itulah sekilas sejarah ngadipuro apabila ada kesalahan admin mohon masukannya.terima kasih

 

admin: G-TR